untuk anda para calon mahasiswa

Semenjak tulisan ini muncul, mungkin beberapa bulan lagi kalian yang baru lulus SMA bakal mulai masuk kuliah. Ini tulisan ditujukan untuk kalian yang penasaran sama dunia kuliah seperti apa. Saya sendiri baru semester 6 dan begitu kalian mulai kuliah saya udah semester 7. Jadi mumpung masi anget pengalamannya. Saya bagi-bagi disini deh.
Saya ni kuliah di UPI jurusan ilmu komputer non-pendidkan. Dan iya, beda kampus, beda jurusan, pasti beda cerita dan pengalaman. Tapi, di tahun pertama, pada umumnya semua punya pengalaman yang serupa kok.
Misal, pertama kali masuk kuliah, pasti masa-masa ospek itu ada. Walaupun beberapa univ. Swasta udah ngehapus kegiatan tradisional macam ini. Tapi masih banyak univ. negri yang masih membiarkan pesta ospek ini berjalan. Pelaksanaannya tentu berbeda-beda. Di upi misalnya, dulu kami digiring kesana kemari bergumul, macam dombaπŸ™‚. Bagaimanapun, kegiatan macam ini membekas. Bayangin kalau awal kuliah cuma dijalani dengan lihat jadwal dan langsung mulai kuliah.
Nah misal ospek udah liwat. Lalu kita mulai mencari tahu macam apa belajar di perkuliahan. My tips: don’t expect too much! Just relax! Kalian punya banyak waktu setahun untuk go with the flow. Karena tahun pertama kuliah ini seperti yang orang banyak bilang adalah “SMA kelas 4”. Kalian bisa mulai dengan mulai mengenal jurusan kalian dari “luar”. Intip apa saja mata kuliah yang bakal kalian santap 3 tahun ke depan. Bagaimana prospek pekerjaan dari jurusan kalian. Dan mulailah berpikir kalau dosen bukanlah guru SMA!

SMA Kelas 4
Walaupun awal perkuliahan bisa dibilang “SMA kelas 4”, kalian gak ketemu sama guru SMA kalian lagi dan ga belajar di kelas yang sama setiap hari! Dari sekian banyak mata kuliah di tahun pertama itu, hampir semua tujuannya pemerataan kemampuan. Jadi kalian cuma ngulang pelajaran kelas 3 aja selama 6 bulan. Sekali lagi ini contoh di UPI dan pada umumnya univ negri lain juga gini.

Membiasakan dengan jadwal “sekolah” yang ga setiap hari lagi itu asyik. Yang biasa sekolah dari senin sampe sabtu, sekarang mungkin cuma kuliah senin,rabu,sabtu. yang biasa setiap hari bangun subuh terus langsung bergegas buat ke sekolah sebelum jam 7. Mungkin sekarang bangun subuh langsung bergegas ke depan tv buat nunggu kuliah siang. Intinya, memang waktu kalian bakal lebih kosong dibanding pas jaman SMA. TAPI, kenapa anak kuliahan kesannya sok sibuk? Ini ga mendukung teori waktu luang anak kuliahan lebih luas kan. Penjelasannya, akan kalian dapatkan kira-kira 2-3 minggu pertama perkuliahan. Tugas-tugas itu bakal menggerogoti waktu kalian. Walaupun begitu, waktu main juga bakal menggerogoti waktu kalian.

Pergaulan Perkuliahan Perakademikan Peranakan?

Gaulnya anak kuliah sangat berbeda dengan gaulnya anak SMA.

…..

Bohong. Sama aja. Yang beda? Bahasannya, anak SMA ngebahas guru-guru dan LKS atau makalah. Anak mahasiswa ngebahas dosen-dosen dan siapa yang punya salinan tugas kuliah juga makalah dan paper atau jurnal kalau akhirnya kalian tau apa bedanya semua itu. Ingat, kalian ini mahasiswa baru, teman-teman kalian juga mahasiswa baru!( Sedikit mungkin ya, yang sebelumnya udah kuliah a.k.a mahasiswa pindahan.). Jadi, grogi ketemu nervous = mahasiswa baru ketemu lulusan SMA baru aja masuk kuliah. Sama? Iya!
Menjadi mahasiswa yang baik buat saya ada dua arti. 1: IPK di atas 3,5 , 2: banyak bisanya. Dan menurut saya, yang ke 2, lebih banyak artinya dan lebih baik. Bukan berarti mahasiswa dengan IPK di atas 3,5 tidak baik. With great Power, Comes great Responsibility. Mahasiswa yang baik, temannya banyak. Mahasiswa yang rajin, teman tugasnya banyak. Jadilah mahasiswa yang rajin lagi baik. Bayangin kalau jadi mahasiswa malas lagi menyebalkan. Wah, terseret-seret!
Banyak yang bilang, kalau teman itu jangan dipilih-pilih. Saya setuju bangat. Tapi sekarang, pilihlah yang menemani kamu saat tidak ada tugas, nah itu dia temanmu. Its not so hard. They leave you when they don’t need you. And you just leave them when they need you.πŸ™‚ hehehe.. Kalian pasti tau kok, mana yang manfaatin dan mana yang emang temen tugas kelompok tapi kebetulan beda aliran main. :p

Kalian bakal membentuk kelompok nanti. Semacam geng. Jadi inget SMA kan? Iya, sama aja. Geng ini mungkin bakal terus berkembang atau berkempis seiring waktu dan perubahan pribadi kalian. Dan kelompok/geng ini biasanya dilatarbelakangi oleh tugas kelompok atau selera bermain. Umumnya tugas kelompok di perkuliahan itu pasti ada, mungkin sekelompok itu ditugaskan bikin sebuah proyek nanti produknya dipresentasikan. Umumnya di tahun pertama pengelompokan itu kebijakan dosen, dosen ingin kalian tidak berkelompok dan mengenal satu sama lain. Tahun kedua dan seterusnya, pasti terbentuk sebuah komposisi, dan akhirnya pengelompokan menjadi kebijakan alam.

The Good, The Bad, and The MAHAsiswa
Iya, kalian masih tetap seorang murid. Masih berguru. Dan kalian sudah jadi mahasiswa! Tolong segera sadari bahwa kalian sudah dewasa, namun masih banyak waktu untuk bermain, eksplorasi, atau belajar. Jangan terjebak di ‘belajar’, jangan terjebak di ‘bermain’, terjebaklah di ‘bereksplorasi’. Sengaja saya bedakan ‘belajar’ dengan ‘bereksplorasi’. Karena artian saya, belajar adalah mempelajari sesuatu. Sedangkan bereksplorasi adalah mencari tau banyak hal. Jangan terjebak di jurusan kalian nanti. Jangan belajar satu hal saja di jurusan kalian. Jangan berhenti bereksplorasi.

Kuliah untuk mendapatkan gelar & ijasah. Kuliah untuk mendapatkan pekerjaan. Kuliah untuk mengisi waktu luang :p. Kuliah agar bisa mengubah nasib negara. Kuliah untuk belajar. Kuliah untuk mengikuti pakem hidup normal.

Saya punya makna kuliah sendiri. Kuliah untuk merubah pola pikir menjadi ilmiah, dan untuk membanggakan kedua orang tua saya.

Hampir semua yang saya tulis diatas tidak saya dapatkan di awal perkuliahan. Di awal perkuliahan kami dulu, ‘mereka’ hanya memberikan kami petunjuk-petunjuk akademis, ‘kami adik mereka kakak’, ‘ini boleh itu jangan’, ‘kalian belum tau, kami sudah duluan tau’. Bahkan sampai digoda untuk jadi aktivis!πŸ˜€ Yaa,standarlah..πŸ™‚

Namun, semoga tulisan saya ini tidak standar. Dan kalian sudah siap belajar pakai baju bebas! Hehe.. Hidup Mahasiswa!!

P.S: Good Luck,bung!πŸ™‚

4 thoughts on “untuk anda para calon mahasiswa

  1. @tinautami: baiklah, tina! Your post is great..πŸ™‚

    @madyandi: Haha..mumpung masih ingat2 kan, mas.. Trims!πŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s